Aneka Makanan khas Kebumen

Aneka Makanan dari Kebumen

Salah satu makanan khas yang ada di kabupaten kebumen adalah lanthing. Makanan kecil yang bahan bakunya berasal dari pohon ketela (budin=jawa) ini lebih dikenal sebagai lanthing karanganyar. Tidak salah, karena yang membuat makanan tersebut adalah para warga di dukuh sanggrahan desa meles kecamatan adimulyo kabupaten kebumen. Jangan salahkan orang kalau akhirnya yang lebih dikenal adalah nama lanthing karanganyar. Sebab lokasi desa pembuat lanthing ini berada di sebelah selatan pasar karanganyar. Bahkan, sebagian besar toko yang menjual lanthing ini di karanganyar. Untuk itu lebih dikenal sebagai lanthing karanganyar. Tak apalah, yang jelas makanan kecil yang sangat digemari masyarakat ini terasa ‘renyah’ dan ‘gurih’ dan membuat lidah ini serasa ingin selalu ketagihan. Dan yang lebih khas lagi, warna dari lanthing ini adalah dua warna, yakni lanthing merah dan lanthing putih. Namun, untuk saat ini lanthing tersedia dalam berbagai macam rasa, keju, balado, pedas, jagung bakar, dan aneka rasa lain yang dapat menarik masyarakat untuk membelinya. Ada yang mengatakan, kalau saat dimulainya pembuatan makanan tersebut terjadi saat indonesia menjelang kemerdekaan. Untuk itu ada suatu niat menanamkan rasa cinta pada bendera sang merah putih, yang diwujudkan secara samar dalam sebuah makanan kecil yang kemudian diberi nama lanthing ini. Makanan lanthing ada yang kualitas jenis super dan biasa. Untuk itu harganya pun berbeda antara yang lanthing super dan lanthing jenis biasa. Sekalipun lebih mahal, jenis lanthing super ini katanya lebih mudah untuk dijual. Permintaannya banyak dari luar kabupaten kebumen.. Sekarang ini ada produksi lanthing yang bukan dari dukuh sanggrahan, tetapi rasa dan mutunya jauh berbeda sekalipun harganya relatif lebih murah. Bahkan makan lanthing ini telah membuka lapangan kerja bagi banyak orang, termasuk di dalamnya adalah para pengecer yang setiap saat keliling dari toko ke toko, bagi yang produksinya tak ada pesanan dari konsumen. Makanan kecil lanthing ini kini bisa didapatkan di toko-toko sepanjang jalan pasar karanganyar dan beberapa toko di kebumen atau gombong. Namun tak sedikit yang dijajakan di sejumlah obyek wisata. Itulah lanthing, gurih dan nikmat rasanya untuk dikunyah dan mengundang selera.

Selain lanthing, Kabupaten Kebumen juga dikenal sebagai penghasil makanan khas berupa jipang kacang. Hingga kini aktivis perajin jipang kacang masih bisa ditemui di kelurahan panjer, kecamatan kebumen, Kabupaten Kebumen. Makanan cemilan tersebut sudah diproduksi sejak nenek moyang. Para perajin masih mengerjakan proses pembuatan jipang kacang secara tradisional. Persis seperti yang diajarkan nenek moyang dulu. Hanya ada perubahan pada bungkusnya. Kalau zaman dulu menggunakan klaras (daun pisang kering), kini menggunakan bungkus plastik. Hal itu dilakukan secara turun-temurun. Saat ini, menggunakan plastik lebih praktis ketimbang klaras. Terlebih, daun pohon pisang kering itu sulit didapatkan. Hal yang sama juga dialami perajin tempe di kebumen. Makanan berprotein tersebut awalnya dibungkus daun pisang. Namun saat ini sangat jarang. Sebagian besar perajin tempe, baik di wilayah perkotaan maupun perdesaan sekalipun, sudah beralih dengan bungkus plastik. Padahal, menurut penuturan sejumlah pakar, bungkus daun lebih sehat dari pada plastik yang mengandung bahan kimia. Untuk membungkus jipang kacang dengan dilem. Caranya dibakar pada ujung plastiknya, menggunakan lampu minyak tanah. Bahan membuat jipang kacang yakni, gula merah, dan minyak sayur. Kacang terlebih dahulu disangan (dimasak) menggunakan pasir. Setelah itu dikupas kulitnya. Proses masak selanjutnya dicampur dengan gula merah dan minyak sayur. Setelah itu, diaduk-aduk hingga merata. Setelah itu dicetak dan diiris-iris sesuai ukuran yang diinginkan. Orang mengenal jipang kacang karena produksinya sudah berlangsung sejak lama. Jipang kacang berbeda dari enting-enting yang banyak gulanya. Selain di panjer juga terdapat di desa surobayan, kecamatan kutowinangun.

Sale pisang adalah makanan hasil olahan dari buah pisang yang disisir tipis kemudian dijemur. Tujuan penjemuran adalah untuk mengurangi kadar air buah pisang sehingga pisang sale lebih tahan lama. Pisang sale ini bisa langsung dimakan atau digoreng dengan tepung terlebih dahulu. Selain itu, saat ini sale pisang mempunyai berbagai macam rasa seperti rasa keju. Saat ini, produksi pisang sale sudah menembus pasar internasional. Sale pisang merupakan produk pisang yang dibuat dengan proses pengeringan dan pengasapan. Sale dikenal mempunyai rasa dan aroma yang khas. Sifat-sifat penting yang sangat menentukan mutu sale pisang adalah warna, rasa, bau, kekenyalan, dan ketahanan simpannya. Sifat tersebut banyak dipengaruhi oleh cara pengolahan, pengepakan, serta penyimpanan produknya. Sale yang dibuat selama ini sering kali mutunya kurang baik terutama bila dibuat pada waktu musim hujan. Bila dibuat pada musim hujan perlu dikeringkan dengan pengeringan buatan (dengan sistem tungju). Ada 3 (tiga) cara pembuatan sale pisang, yaitu : cara tradisional dengan menggunakan asap kayu; cara pengasapan dengan menggunakan asap belerang; cara basah dengan menggunakan natrium bisulfit. Proses pengasapan dengan menggunakan belerang berguna untuk : memucatkan pisang supaya diperoleh warna yang dikehendaki; mematikan mikroba (jamur, bakteri); mencegah perubahan warna golak dan gembus(enggeng) golak & gembus(enggeng) adalah jajanan khas dari karanganyar, kebumen, gombong, cilacap, banyumas dan sekitar. Biasanya jajanan ini dijual manakala ada pertunjukan rakyat seperti ada yang nanggap kuda lumping dan wayang. Dengan demikian, memang susah mencari jajanan ini pada hari-hari biasa.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s